TribrataNewsPolri.go.id.Lampung-Cyrus Network dalam laporan hasil
surveinya menyebutkan opini publik terhadap institusi Polri cenderung positif.
Direktur Riset Cyrus Network Fadhli MR mengatakan hal pertama yang ada di benak
publik saat mendengar kata polisi adalah “Menjaga Keamanan”.
“Secara
top of mind, sebanyak 22,9% responden menjawab Menjaga Keamanan” saat ditanyai
pertanyaan, “Apa yang terlintas pertama kali di benak Anda jika mendengar kata
”Polisi”? kata Fadhli, Senin (21/6/2021).
Selain
“Menjaga Keamanan” respon publik teratas lainnya ketika mendengar kata polisi
adalah “Aparat Penegak Hukum” sebanyak 19,8% dan “Melindungi dan Mengayomi”
masyarakat sebanyak 13%. Namun masih ada opini spontan, “Takut” sebanyak 9,9%
dan “Razia/Tilang” sebanyak 5,6%.
“Opini
publik terhadap Polri relatif positif. Terlihat tiga respon teratas merupakan
respon yang positif menggambarkan fungsi dan tugas dari Kepolisian,” ujarnya.
Citra
positif Polri ini selaras dengan penilaian publik terhadap kepuasan pelayanan
publik yang dilakukan Polri. Publik mengaku puas terhadap pelayanan Polri seperti mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM),
membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan laporan pengaduan
masyarakat.
“Secara
umum, opini publik terhadap pelayanan Polri sudah cukup baik, hal ini tercermin
dari persepsi responden yang mengaku pernah mengurus SIM, mengurus SKCK, dan
membuat pengaduan penegakan hukum dalam empat bulan terakhir. Dari seluruh
layanan POLRI yang kami uji, tercatat bahwa pelayanan mengurus SIM memiliki
tingkat kepuasan tertinggi yaitu sebesar 90,3%; diikuti dengan layanan membuat
SKCK sebesar 82,8%; dan mengurus proses pengaduan masyarakat sebesar 79,4%,”
ungkap Fadhli.
Survei
Cyrus Network ini dilakukan secara tatap muka pada tanggal 28 Mei-1 Juni 2021
dengan jumlah responden sebesar 1230 responden tersebar secara proporsional
pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 Provinsi. Survei dilakukan dengan
menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan
(significant level) survei ini adalah 95% dengan _margin of error_sebesar +/-
2,85%.